Avast Versi 6 Telah Terbit

Pagi ini ketika saya menghidupkan laptop, saya mendapat pemberitahuan dari filehippo kalau avast terbaru telah terbit. Yup, kali ini avast datang dengan versi 6, tepatnya versi 6.0.1000. Karena di laptop sudah ada avast versi sebelumnya(versi 5), saya tinggal memilih opsi update program. Proses update berlangsung dengan cepat, dalam waktu beberapa menit avast memberitahu kalau update sudah selesai dan meminta saya untuk merestart laptop.

Setelah direstart, saya melihat fitur apa saja yang ditawarkan dari Avast versi terbaru ini. Yang pertama muncul adalah pemberitahuan apakah saya akan mengggunakan add on WebRep atau tidak di browser saya. Fitur Webrep berguna untuk memberitahu reputasi dari situs (web) yang akan kita kunjungi. Jadi jika kita googling, maka hasil yang muncul di situs pencari (semisal google) akan disertai dengan reputasi dari situs tersebut. Kalau anda pernah menggunakan add on WOT (Web of Trust) ya kira-kira miriplah dengan fungsi Webrep.
Beberapa antivirus lain juga mempunyai fitur yang serupa WebRep, semisal AVG dengan AVG LinkScanner atau Avira dengan Webguard, tapi di Avira fitur webguard hanya terdapat pada versi premiumnya saja. Menurut saya walaupun fitur WebRep adalah fitur opsional, tidak ada salahnya anda instal untuk memperkuat keamanan saat anda browsing.

Fitur lainnya di Avast yang terbaru adalah Auto sandbox, cara kerja dari fitur ini adalah apabila ada program yang mencurigakan, maka secara otomatis program itu akan dijalankan di Auto sandbox begitu program tersebut dieksekusi, sehingga program tersebut tidak sempat membahayakan komputer/laptop anda.

Selain itu ada juga fitur site blocking, di sini anda dapat memilih sendiri situs-situs yang akan anda block. Tinggal anda masukkan alamat situs yang ingin anda block, kemudian simpan. selanjutnya bila ada yang mengunjungi situs tersebut melalui browser anda, akan muncul peringatan sebagai berikut :

avast! Web Shield Warning
SITE BLOCKED
avast! has blocked access to the site (based on a user-defined list of blocked URLs).

Menarik bukan fitur-fitur dari Avast versi terbaru ini, selain fitur-fitur tambahan tersebut, anda juga akan mendapatkan fitur utama yaitu perlindungan terhadap virus dan spyware. Dan jangan khawatir, antivirus Avast cukup ringan untuk dijalankan di komputer/laptop anda. Saya menggunakan antivirus Avast bersama firewall Zone Alarm dan Antivirus Cloud Immunet, dan laptop saya masih berjalan dengan lancar tanpa mengalami hang.

untuk anda yang suka antivirus gratis, silakan coba antivirus Avast terbaru. Sebagai informasi, saat ini di CNET download, Avast menduduki peringkat kedua untuk antivirus gratis yang paling banyak di download, membayangi peringkat pertama masih diduduki oleh AVG.

2 pemikiran pada “Avast Versi 6 Telah Terbit

  1. sama,saya juga pengguna avast,sudah dua kali saya di selamatkan oleh avast.
    pertama entah apa tuh nama virus nya bikin hardisk mati tapi alhamdulillah avast selamatkan saya setelah anvir yang lain mentok,bahkan pakai kavkis pun mentok.

    kedua ketika pc saya kena virus satility dan virus (lupa nama nya) yang buat nggak bisa internetan tapi di selamatkan lagi oleh avast,update nya juga mudah.

    oh ya sebenar nya cara ini terkadang mau terkadang tidak,saya pernah buktikan tapi kalau mau saya punya license avast dari segala jenis,cukup masuk ke pengaturan dan disable self defense avast lalu jalankan key nya,restart PC dan aktifkan kembali self defense nnya,AKTIF SAMPAI 2050.

    DAN LEBIH MANTAP NYA LAGI BERLAKU UNTUK SEMUA VERSI AVAST.
    SWEAR WORK ME 100 %

    jika mau silahkan download di sini LINK MEDIAFIRE600KB

Tinggalkan Balasan

