Kaos Khas Wonosobo, Identitas Lewat Gambar dan Kata

Ada yang menarik ketika saya mengunjungi Wonosobo Expo baru-baru ini. Dari sekian banyak stand yang ada, saya menemukan ada dua stand yang menjual kaos yang berciri khas Wonosobo, misalnya Carica, Mie Ongklok, Dokar, I love Wonosobo, dll. Harganya pun bervariasi dari Rp 45.000 – 70.000. Saya jadi teringat kaos-kaos khas serupa dari daerah lain yang lebih dahulu terkenal seperti Dagadu dari Yogyakarta, C59 dari Bandung, Joger dari Bali atau Dablongan dari Banyumas.

Stand kaos khas Wonosobo cukup ramai dikunjungi oleh para pengunjung yang tertarik untuk memiliki kaos khas Wonosobo. Warna yang disediakan kebanyakan hitam dan putih, dengan beberapa ukuran yang tersedia. Sayang saya lupa untuk memfoto contoh kaos Wonosobo yang ada di pameran.

Disadari atau tidak, kaos merupakan media promosi yang cukup efektif. Siapa tahu ketika kita sedang memakai kaos yang bertema mie Ongklok di luar kota, orang jadi bertanya-tanya apa itu mie ongklok dan seperti apa rasanya. Atau ketika melihat keindahan Telaga Warna di kaos yang kita kenakan, mereka jadi mempunyai keinginan untuk mengunjunginya. Jika dijual di tempat-tempat wisata atau outlet khusus cinderamata, kaos Wonosobo juga bisa menjadi ciri khas kota tercinta ini, seperti Dagadu yang sudah sangat dikenal sebagai kaos khas Yogyakarta

Saya harap ke depannya kaos-kaos khas Wonosobo makin banyak motif dan warnanya, soalnya Wonosobo mempunyai banyak sekali tema yang bisa digali, seperti tempat wisatanya, kulinernya, bahasanya yang khas, juga tradisi-tradisi dan kesenian daerah yang mungkin tidak ada di tempat lain. Jika bisa terus menampilkan desain yang kreatif dan harga yang terjangkau, maka saya percaya kaos khas Wonosobo bisa menjadi oleh-oleh alternatif selain jajanan khas seperti keripik jamur dan carica dieng yang sudah terlebih terkenal karena ke-maknyus-annya.

Salam Jalan-Jalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s