Antivirus Gratis yang Patut Anda Coba

Antivirus diperlukan untuk menjaga komputer anda, terutama pengguna OS Windows, dari serangan virus-virus nakal yang menyebar lewat internet maupun flashdisk. di Indonesia disamping kita mengenal antivirus lokal seperti Ansav, Smadav, PCMAV, Morphost, Avi, Gucup, Blueatom, dll, maka dikenal juga antivirus-antivirus “luar” seperti Avira, Avast, AVG, dll. Yang patut diketahui adalah, selain produk-produk yang memang benar-benar berfungsi sebagai antivirus, tak jarang beredar pula yang disebut “Antivirus Palsu”. Yang menakutkan adalah, mereka menjadikan komputer kita seolah-olah terinfeksi banyak virus, dan selanjutnya mereka akan “menggiring” kita untuk membeli produk antivirus berbayar di situs mereka. Padahal antivirus yang mereka tawarkan tidak mempunyai manfaat apa-apa, bahkan seringkali disisipi program-program yang dapat membahayakan komputer anda. Jadi ketika kita instal antivirus palsu tersebut, bukannya komputer kita terbebas dari virus, yang ada malah komputer kita jadi terjangkit virus, spyware, adware dan semacamnya.

Untuk itu kita perlu memilih antivirus yang “benar”, dalam artian adalah produk yang mereka tawarkan adalah benar-benar antivirus. Beberapa yang saya rekomendasikan adalah:

1. AVG Antivirus Free Edition
AVG Antivirus Free Edition terkenal sebagai antivirus gratis yang paling banyak didownload di situs-situs download. AVG Free mempunyai fasilitas antivirus dan antispyware. Selain itu juga terdapat fitur “Keamanan waktu-nyata dalam penjelajahan dan pencarian” yang disebut AVG Link Scanner. Anda bisa mendownloadnya di sini.

2. Avira Antivir Personal
Avira Antivir Personal adalah versi gratis dari rangkaian produk securitinya. Avira banyak dipercaya oleh pengguna komputer di Indonesia karena dikenal cukup ringan. Avira versi gratisan ini mampu melindungi komputer dari virus, worm, trojan dan costly dialer, juga mempunyai perlindungan dasar terhadap Spyware. Anda bisa mendownloadnya di sini.

3. Avast Free Antivirus
Di jajaran antivirus gratis, Avast termasuk mempunyai fitur yang relatif sangat lengkap, yaitu menyediakan Antivirus dan Antispyware, avast! Intelligent Scanner, Silent/Gaming Mode, Behavior Shield, Real time anti-rootkit protection, File System / Mail Shield, Web Shield, IM / P2P Shield, Network Shield, dll. Versi terbarunya (versi 5) menyajikan tampilan grafis (GUI) yang fresh, benar-benar berbeda dari versi-versi sebelumnya. Anda bisa mendownloadnya di sini.

4. PC Tools Antivirus
PC Tools mempunyai rangkaian produk security gratis yang meliputi Antivirus, Firewall, dan Threatfire. Walaupun PC Tools lebih dikenal lewat Firewall gratisannya yang bernama PC Tools Firewall Plus, namun Antivirusnya bisa juga anda coba di sini.

5. Bit Defender Free Edition
Bit Defender Free Edition hanya menyediakan fitur Antivirus pada produk gratisannya. Namun demikian, nama besar Bit Defender sebagai produk antivirus yang baik bisa anda percaya sebagai pelindung komputer anda. Jika anda hendak menginstal Firewall, anda perlu menginstalnya terpisah, misal dengan menggunakan Comodo Firewall, PC Tools Firewall, Zone Alarm Firewall yang semuanya gratis. Untuk Anti Spyware gratis anda bisa menggunakan SUPER Anti Spyware. Bit Defender Free Edition bisa anda download di sini.

6. Clamwin Free Antivirus
Clamwin adalah produk antivirus gratis yang bersifat open source. Fiturnya meliputi Antivirus dan Antispyware. Juga menyediakan Add-In ke Microsoft Outlook untuk menghapus virus yang menginfeksi attachments secara otomatis. Clamwin menggunakan ClamAv sebagai enginenya, dan mempunyai GNU General Public License. Apabila anda seorang programmer, anda juga dapat berpartisipasi dalam pengembangan Clamwin. Clamwin bisa anda dapatkan di sini.

7. Panda Cloud
Versi gratis dari Panda Security ini sangat unik, yaitu databasenya tersimpan di internet, dan tidak akan membebani komputer anda. Itulah sebabnya Panda Cloud sangat ringan. Kelebihan dari sistem Cloud ini adalah databasenya selalu baru, karena realtime diperbarui setiap ada virus baru yang dikenali. Namun kelemahan dari sistem database cloud ini adalah jika digunakan untuk menscan komputer yang dalam keadaan offline, database virus yang tersedia hanya yang tersimpan di chace komputer anda. Panda Cloud bisa anda dapatkan di sini.

8. Norton Internet Security
Norton sebenarnya adalah produk berbayar dari Symantec, namun saat ini sedang tersedia versi yang menyediakan masa coba (Trial) yang cukup lama, yaitu 3 bulan. Versi Trial ini resmi dari Symantec, bukan menggunakan Keygen atau Crack. Anda dapat mendapatkan Norton Internet Security Trial For 3 Monthsdi sini.

Selain produk produk antivirus yang gratis, anda dapat juga menggunakan program antivirus berbayar, terutama jika aktivitas anda di dunia internet cukup sering, dan anda sering melakukan transaksi online, anda dapat menggunakan Karpersky Internet Security, Norton, Norman, Mc Afee, Bit Defender, NOD32, Panda, Avira Professional, Avast Professional, dan beberapa nama Antivirus Profesional/Internet Security lain yang sudah terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s