Review LG GM200 Ponsel Musik dengan 2.1 Ch Woofer

Ponsel LG GM200, itulah ponsel yang saya pilih sebagai pengganti Nokia 2330 yang sebelumnya saya gunakan. Tadinya saya ingin membeli Nokia 5130, tetapi dengan pertimbangan harga yang berbeda cukup jauh (Nokia 5130 1 juta 35 ribu sedangkan LG GM200 755 ribu, semua harga baru dan garansi resmi vendor) akhirnya pilihan saya jatuh ke LG GM200.

Sebenarnya pilihan saya adalah yang warna Black, tapi rupanya penjualnya salah mengambilkan, sehingga yang terambil warna Gold. Saya baru sadar waktu sudah sampai rumah, agak kecewa juga sebenarnya, bukan karena saya tidak suka warna Gold, cukup manis juga sebenarnya, tapi karena kalau warna Black tidak mudah kotor.

Nah langsung saya, inilah review saya

Kelengkapan Pembelian : handset LG GM200, headset, charger, baterai, buku petunjuk, garansi, cd installer, kabel data.

Kelebihan:

– Speaker keras (bisa diadu dengan nokia 5130 atau N73 music edition sekalipun), namun tetap jernih, tidak cempreng atau pecah. Hal ini berkat teknologi 2.1 Ch Woofer yang menyertakan 2 speaker di sisi kanan kiri ponsel dan satu Woofer di bagian belakang ponsel.

Oya sedikit tips, jika anda ingin merasakan efek Dolby Stereo dari speaker 2.1 Ch Woofer, anda dapat menggunakan pengaturan :

MP3 player –> setting –> audio effect –> DOLBY MOBILE

sedangkan jika anda menggunakan headset, anda dapat menggunakan pengaturan ini untuk mendapatkan dentuman bass yang lebih mantap :

MP3 player –> setting –> audio effect –> LG Equalizer –> XtraBass

– Casingnya terbuat dari bahan yang tidak mudah kotor, dan tidak meninggalkan bekas jari.

– Keypad besar, nyaman digunakan oleh orang yang berjari besar.

– Baterai berkapasitas besar (1100 mAh), dengan kapasitas sebesar itu, indikator baterai baru berkurang satu bar (dari 3 bar dalam keadaan penuh) dalam 3 hari pemakaian, padahal intensitas saya mendengarkan musik terbilang sering, ditambah untuk beberapa kali mengambil foto, juga untuk sms dan telpon.

– Radio FM-nya sudah menyediakan antena internal, jadi kita tidak harus menancapkan handsfree untuk mendengarkan radio.

– Kamera sudah 2 MP pixel, resolusi yang cukup besar untuk ponsel harga 700 ribuan, cukup baik untuk penggunaan outdoor, tapi kurang berdaya untuk penggunaan indoor, sebab tidak tersedianya flash.

– Micro SD sudah hot swap, letaknya di samping kiri ponsel.

– Java enable, anda dapat dengan mudah mendownload opera mini jika anda kurang puas dengan browser bawaan

Kekurangan:

– Modelnya terlalu sederhana, kurang menunjukkan ciri ponsel musik.

– tidak tersedia tombol musik terdedikasi, di samping kanan ponsel hanya tersedia tombol Radio FM dan shutter kamera.

– Resolusi nanggung, hanya 176×220, seharusnya paling tidak 240×340.

– Tidak tersedia download theme, yang ada hanya 2 theme default.

– Memori eksternal max 2 gb, padahal ponsel musik lain sudah banyak yang mengakomodasi  memori eksternal hingga 8 gb, dan harus anda beli sendiri karena tidak tersedia dalam paket penjualan.

Mungkin itu kelebihan dan kekurangan yang bisa saya gali. Dengan harga hanya 700 ribuan untuk sebuah ponsel musik, LG GM200 cukup layak untuk anda miliki.

8 pemikiran pada “Review LG GM200 Ponsel Musik dengan 2.1 Ch Woofer

  1. om.. musiknya bisa di sembunyiin kayak nokia dan kawan2 gak… soalnya hape ane samsung tuhh lo pas maen musik trus tak keluarin ya mati dahh…, ane tunggu jawabannya yakk.. thanks..

    # aldi : di minimize maksudnya? bisa kok

  2. Saya baru dapat hp ini dalam kondisi second.
    Urusan suara gm200 ini memang layak disebut hebat, dibandingkan dengan n6233 pun masih menag gm200 ini, saya dulu juga pernah pakai 6233, sekarang pake 5800 juga, dan suaranya masih kalah sama gm200 ini.

    Ada yang punya applikasi pc suitenya gak?
    kalao berkenan tolong kirim ke email saya; pangki.hidayatullah@gmail.com
    Thanks

  3. Btw di refiew forum sebelah ktanya radio nya gk bsa di minimize ye!bner gak??
    Trus saingan dekat nya spa?dgn hrga yg sama tntu nya..

    # yanyan : benar, radio ga bisa diminimize, tapi klo mp3 bisa. saingan terdekat mungkin nokia 5130 yang sekarang harganya 900 ribuan, atau SE W395 dengan harga 1 jutaan

  4. tertarik dg gm200 kalau dibanding nokia 6233 kualitas bass dan kejernihan suaranya gimana? soalnya gw dulu punya 6233 suaranya empuk dan jernih banget…
    ditunggu jawabannya….
    tp gw denger2 suaranya keras banget tp bassnya kecil. tul gak sih?
    tlg jawabannya…..

    # azzm : ga tau klo dibandingkan dengan seri itu, coz belum pernah pakai nokia 6233. tapi klo boleh dibilang GM200 ini salah satu ponsel musik unggulan. bassnya lumayan kok, wlopun katanya bassnya masih kalah sama Motorolla ROKR generasi awal (ROKR 1)

  5. Jadi tertarik nih sama GM200, tapi ada beberapa yg mau saya tanyakan:
    1. Baca review2 di tempat lain, katanya keypad keras dan tidak nyaman untuk ketik SMS, benarkah? Apakah saat menekan keypad butuh tekanan ekstra baru ada respon hingga jari2 menjadi pegal?
    2. Bagaimana dg respon ponsel terhadap ketikan keypad. Ada delaykah/lemot?
    3. Untuk aplikasi Java, apakah bisa menjalankan aplikasi lebih dari 1 secara bersamaan? Bisa dibuat minimize?
    4. Dari review di tempat lain, katanya sering error & hang
    Maaf ya pertanyaannya banyak. Thanks

    # Ryan :
    1. Memang kurang empuk, beda dengan keypad yang berbahan karet. Bukan berarti keras, masih nyaman untuk ber-sms
    2. Lebih lambat dibanding ponsel S*ny Eric**on K800i yang saya pakai, tapi masih dalam batas kewajaran
    3. Baru pernah nyoba install OperaMini buat java, sepertinya klo OperaMini tidak bisa diminimize
    4. Sampai sekarang belum pernah hang, tapi emang ga pernah buat buka aplikasi banyak2, paling sering cuma dengerin mp3 ma radio, n sejauh ini ga ada masalah

  6. klo, ktik sms bisa langsung loncar kbawah ga? (klo di komputer enter)
    kli SE kan tken spasi 2x langsung loncat kbawah,,

  7. Thanks yak, reviewna. Saya juga mau beli nih LG GM200. Harga dah 750ribuan yak? itu belinya dmn? Btw kualitas suara via handset bawaanya bagus? (dibanding nokia 5130 or SE W200 misalnya)

    # Endang Rukmana : Sama2.. Suara lewat headset bagus, walaupun klo kualitas basnya saya lebih suka seri W dari SE. Tapi klo lewat speaker juara dah LG ini. Harga 755 di Citraland Semarang (Mall Ciputra), toko Sinar Mas Seluler, per 21 Desember 2009.

Tinggalkan Balasan

