Tips Menghadapi CPNS 2009 Jawa Tengah

Menjadi PNS ternyata masih menjadi dambaan bagi banyak orang. Terbukti setiap ada lowongan CPNS peminatnya masih menbludak. Tapi antara formasi yang dibutuhkan dengan pelamar yang mendaftar seringkali tidak seimbang. Untuk itu saya ingin membagikan tips sederhana yang semoga dapat membantu anda untuk mengikuti saringan CPNS. Berikut ini tips-tipsnya :

1. Pilih formasi yang benar-benar sesuai dengan kualifikasi yang anda miliki
Misal : Jika anda sarjana peternakan, maka pilihlah formasi yang benar-benar membutuhkan Sarjana Peternakan, contohnya formasi Penyuluh Peternakan. Contoh lainnya, jika anda lulusan ekonomi manajemen, maka jangan mendaftar untuk formasi yang membutuhkan sarjana ekonomi pembangunan.

2. Lengkapi berkas yang dibutuhkan
Baca baik -baik kelengkapan berkas yang harus disertakan beserta lamaran. Misal ijazah legalisir, transkrip legalisir, surat-surat pernyataan, dan lain-lain. Untuk CPNS 2009 ini, BKD di wilayah Jawa Tengah akan langsung mengembalikan berkas yang tidak lengkap (BTL), tanpa diberi kesempatan untuk melengkapinya lagi. Jadi periksa baik-baik kelengkapan berkas anda.

3. Tulisan tangan anda harus jelas
Untuk kelengkapan yang mengharuskan tulisan tangan seperti Surat Lamaran dan Surat Pernyataan, tulislah dengan sejelas-jelasnya. Jangan membuat tulisan yang susah dibaca. Tidak masalah kalau anda membutuhkan waktu berjam-jam untuk membuat tulisan yang rapi. Tulisan anda menggambarkan kepribadian anda. Buatlah impresi yang baik tentang anda melalui tulisan anda.

4. Pilihlah tempat kerja yang sesuai dengan kondisi anda
Bagi anda yang masih single atau tidak keberatan untuk bekerja dan tinggal di luar kota asal anda, maka pilihlah kota yang menyediakan jumlah formasi terbanyak sesuai dengan kualifikasi yang anda miliki. Tetapi untuk yang berniat nglaju (berangkat ke kantor pulang pergi), pemilihan kota yang menyediakan formasi yang anda cari hendaknya memperhatikan jarak kota yang akan ditempuh. Usahakan jarak tempuh tidak terlalu jauh dengan kota asal anda. Hal ini menghemat ongkos transport. Apalagi bila anda sudah berkeluarga, maka jarak tempuh antara tempat kerja dengan rumah anda menjadi hal yang patut diperhatikan.

5. Belajar
Belajarlah dari mana saja, dari buku-buku, latihan soal, internet. Untuk bekal pengetahuan anda, belajarlah materi perkuliahan awal waktu anda kuliah dulu. Misal jika anda mendaftar formasi Penyuluh Pertanian, maka belajarlah tentang ilmu-ilmu pertanian dasar dan ilmu-ilmu penyuluhan. Untuk persiapan pengetahuan umum dan psikotes, anda bisa mencari buku/e-book/software yang berisi latihan soal CPNS. Mumpung waktu ujian masih lama, belajarlah dari sekarang agar materi yang anda pelajari bisa terserap dengan baik.

6. Jangan percaya calo
Ayolah.. saya yakin anda masih percaya dengan kemampuan anda sendiri. Mulailah karier anda dengan cara yang baik. Lagipula, siapa yang menjamin kalau anda melalui calo anda akan diterima. Jawabnya : Tidak Ada.

7. Mengerjakan ujian dengan tenang dan sistematis
Tenang adalah kunci dalam mengerjakan ujian. Pikiran gugup akan membuyarkan apa yang telah anda pelajari. Kerjakan soal yang bisa anda kerjakan terlebih dahulu, ingat waktu anda dibatasi, jadi jangan terlalu lama terpaku di satu soal. Berdoalah sebelum anda mengerjakan soal. Dan karena ujian CPNS cukup menguras pikiran, jangan lupa sarapan sebelum berangkat ujian.

8. Tawakal.
setelah semua usaha anda lakukan, maka selanjutnya biarkan Tuhan yang memberi hasil akhirnya. Jika menjadi CPNS adalah jalan anda, maka jangan khawatir. Di pengumuman kelulusan Insyaallah nama anda akan tercantum.

Demikian tips sederhana yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat untuk anda yang akan mengikuti ujian CPNS. Semoga berhasil dan awali hari anda dengan semangat🙂

Satu pemikiran pada “Tips Menghadapi CPNS 2009 Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s