Upgrade Ubuntu 9.04 ke 9.10

Hari Sabtu pagi, ketika menghidupkan laptop, saya mendapat notifikasi dari Ubuntu Update Manager bahwa telah tersedia versi terbaru dari Ubuntu yaitu Ubuntu 9.10, dan saya ditawari apakah akan mengupgrade Ubuntu saya atau tidak. Saya ragu-ragu. Yang pertama, saya belum pernah melakukan upgrade sebelumnya, secara Ubuntu 9.04 adalah OS Linux saya pertama yang saya pakai, dan di Windows saya tidak pernah melakukan update apalagi upgrade, jadi saya tidak paham proses upgrade. Yang kedua, butuh berapa lama waktu untuk upgrade, bagaimana kalau seharian, sedangkan hari Sabtu jam kantor cuma sampai pukul 12.30. Yang ketiga, bagaimana kalau data saya di laptop terhapus semua, juga progarm-program yang sudah saya instal seperti Google Chrome, Opera Browser, Foxit Reader, dan Photo Scape. Masa saya harus menginstalnya lagi.. Demikian berbagai kebimbangan menyelimuti hati saya..

Tapi.. saya juga penasaran seperti apa Ubuntu 9.10 ini. Saya penasaran dengan waktu booting yang katanya lebih cepat, dengan boot screen dan login screen yang katanya lebih elegant, dengan tema, icon dan wallpapernya yang baru, dengan fitur-fitur baru seperti Ubuntu Software Center, Empathy IM Client, Firefox 3.5 (akhirnya..), pokoknya saya tertarik dengan hal-hal indah tentang Ubuntu 9.10 yang diceritakan di internet, hehe.. Akhirnya dengan memantapkan hati dan sedikit nekat, saya memilih untuk mengupgrade Ubuntu saya ke versi 9.10. Tahap upgrade berjalan cukup lama, dengan kecepatan Internet yang tidak menentu (kadang 10 kb/s kadang 100 kb/s), dan upgrade dimulai pukul 07.30, akhirnya upgrade selesai pukul 14.00. Sampai kantor sudah sepi karena orang-orang sudah pulang, hihi.. Dan tibalah saat restart, saya menanti-nanti seperti apa tampilan barunya..

Ok, begitu booting, saya langsung tertegun melihat tampilan yang muncul, kenapa yang muncul gambar tikus??? sejak kapan Ubuntu berlambang tikus dan bukannya lingkaran? Saya sampai bingung, jangan-jangan saya salah upgrade. Begitu mau masuk ke login screen, barulah saya paham kalau tikus itu adalah lambang Xubuntu, turunan Ubuntu berbasis Xcfe. Saya tidak mengerti mengapa boot screen dan login sreennya menggunakan tampilan Xubuntu, tapi begitu berhasil login, tampilannya berubah ke Ubuntu lagi.

Yang pertama saya lihat adalah versinya di “About Ubuntu”.Sukses, Ubuntu saya sudah berversi 9.10. Firefox di Ubuntu 9.10 ini sudah 3.5, dan tetap bernama Firefox, bukan Shiretoko. Kemudian saya ganti walpapernya, harus saya akui walpapernya jauh lebih variatif daripada walpaper bawaan Jaunty. Empathy IM Chat sudah diinstal otomatis, sednagkan fitur-fitur yang lain belum saya lihat lebih detail. Tapi yang pasti, program-program dan file saya tidak ada yang hilang. Syukurlah..

Hari Seninnya, atau hari ini, saya baru sadar ada masalah di Ubuntu versi baru ini, yaitu masalah pada wirelessnya. Ketika saya coba browsing dengan menggunakan modem handphone, tidak ada masalah, tetapi begitu saya mau browsing menggunakan hotspot kantor yang menggunakan Speedy, selalu saya gagal. Padahal jaringan hotspot kantor terdeteksi dengan baik, dan sinyal juga penuh. Waktu saya memakai Ubuntu 9.04 tidak ada masalah seperti ini. Saya coba di komputer kantor yang juga memakai jaringan hotspot ternyata tidak ada masalah, browsing bisa saya lakukan dengan lancar. artinya kesalahan bukan pada jaringan hotspotnya. Apa ya kira-kira penyebabnya? Kalau sampai besok masalah ini belum teratasi, mungkin kalau pesanan Ubuntu 9.10 yang saya pesan dari ShipIt sudah datang akan saya lakukan Clean Instal, barangkali bisa mengatasi masalah pada wireless.

Sejauh ini saya cukup puas dengan Ubuntu Karmic Koala, tentu lebih puas lagi kalau tidak ada masalah pada wireless dan tampilan bootscreen dan login screennya bisa kembali ke Ubuntu dan bukannya Xubuntu.

6 pemikiran pada “Upgrade Ubuntu 9.04 ke 9.10

  1. hohoho..alhamdulillah karmic di lapi saya ga` masalah pada wireless,dan tampilan boot-nya^^..
    nie juga mo ngesot ke lucid,tinggal sedot repository-nya ajah…hohoho
    huah….. mantab jaya dah ubuntu^^

  2. kasusnya sama drng puunyaku, konek tapi browsing gak mau…
    JKalo ngerubah IP sama proxinya gimana canya?
    perasaan kalo pake koputer windows gak mesti di pasamh-2ing githu

  3. Saya juga upgrade dari 9.04 ke 9.10 — njebol kuota IM2 dalam waktu beberapa hari saja.😀
    Pertama kali login juga heran, kok yang muncul tikusnya xubuntu. Saya memang menginstall Xubuntu dan KDE di 9.04. Saya pikir ini gara-gara xubuntu, padahal kan default desktop managernya gnome. Kemudian mencari-cari setting untuk mengubah login screen, ternyata nggak ada! Sampai pusing nyarinya. Ternyata di 9.10 sudah nggak ada gdm ya?

    Kemudian untuk koneksi internet, kalau pakai wireless malah nggak masalah. Yang masalah kalau pakai modem HSDPA (sierra 881) dan IM2. Harus beberapa kali mencoba baru bisa connect. Padahal di Windows, modem dan IM2 nya nggak masalah.

    Trus, KDEnya juga error. Nggak muncul tampilannya.

    ^^, Salam kenal, Mas.

Tinggalkan Balasan

