Browser Alternatif untuk Menghemat Bandwith

Berselancar dengan browser Mozilla Firefox, Google Chrome atau Safari memang menyenangkan. Tampilannya enak dilihat dan cepat dalam membuka halaman. Tapi sayangnya, di rumah saya hanya memakai koneksi GPRS lewat modem handphone. Dan koneksinya sering angin-anginan, kadang lancar kadang lemot. Untuk mensiasatinya, saya menggunakan browser Opera (versi 10.00 sudah tersedia untuk Linux). Dengan mengaktifkan Opera Turbo, kecepatan dalam membuka halaman dapat ditingkatkan. Tapi masih ada satu masalah lagi bagi para pengguna internet yang bermodal pas-pasan (seperti saya ^.^), yaitu masalah biaya. Walau sudah menggunakan browser Opera, tapi tetap saja browsing lewat komputer terasa lebih mahal dibanding lewat handphone. Nah, untuk itu saya akan membahas browser alternatif dengan dua keunggulan sekaligus, yaitu hemat dalam biaya dan cepat dalam membuka halaman.

Browser itu bernama Links 2, salah satu varian dari browser tua Lynx. Browser ini berbasis teks dan GUI. Dan berbeda dari Lynx, browser Links 2 sudah bisa menampilkan gambar. Untuk pengguna Ubuntu, anda bisa menginstalnya melalui Synaptic Package Manager atau melalui Application>> Add/Remove, lalu ketikkan Links 2. Setelah terinstal, buka browser tersebut. Secara tampilan, browser ini sangat minimalis dan terkesan antik, tidak seperti lazimnya browser zaman sekarang. Tapi tak apa, tak usah bingung.. kita tinggal meng-klik tombol escape, dan menu-menu akan tersaji. Untuk browsing, anda pilih File>> Go to URL. Lalu ketikkan alamat yang ingin anda kunjungi, dan tunggu sebentar, dalam hitungan detik browser ini untuk membukakannya untuk anda. Secara kecepatan, Links 2 tidak kalah dibandingkan dengan Firefox, Safari, Opera, maupun Google Chrome. Bahkan untuk yang menggunakan internet dengan bandwith rendah (terutama yang kecepatannya masih tingkat GPRS), membuka halaman justru lebih cepat dibanding browser-browser lain yang saya sebutkan di atas. Dan soal biaya juga lebih murah, kira-kira sama murah dengan berselancar lewat handphone. Kalau ingin lebih murah, tampilan gambar bisa di non-aktifkan, caranya dengan klik View >> HTML options, lalu hilangkan tanda silang pada kolom Display Image.

Tapi ada kelebihan, tentu ada kekurangannya. Salah satunya adalah browser ini belum kompatible dengan semua situs. Tercatat saya tidak dapat login ke Facebook dan WordPress. Tetapi selebihnya lumayan baik, saya bisa login ke Yahoo Classic dan Gmail, lancar digunakan untuk melihat-lihat blog dan situs-situs berita seperti Kompas dan Detik, juga untuk googling. Dari segi tampilan, juga akan berbeda, halaman situs yang tertampil juga tampak lebih sederhana.

Jadi bagi anda yang koneksi internetnya terbatas, rasanya browser ini bisa dijadikan alternatif. Kalau cuma mau blogwalking, mengecek e-mail, atau melihat situs berita, ngapain pilih yang mahal🙂. Selamat mencoba..

4 pemikiran pada “Browser Alternatif untuk Menghemat Bandwith

  1. mas orang wonosobo ya?
    sama dong kalo gitu
    pasang link blogku ya mas hehe🙂

    # akumagouki : iya saya orang wonosobo, salam kenal.. tapi saya cewe, jangan dipanggil mas dunk..🙂
    Ok, blognya sudah saya link

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s