Menulis Draft Artikel Blog Tanpa Terhubung Internet

Menulis di blog, bagi saya gampang-gampang susah. Terutama kalau menyangkut ide untuk menulis. Seringkali berhari-hari saya kebingungan mau menulis tentang apa. Tapi di lain waktu, ketika pikiran sedang cerah, muncul keinginan untuk menulis banyak hal dalam satu waktu.

Pada hosting berbayar atau Self Hosted Blog, biasanya ada opsi untuk menulis draft secara offline. Tetapi bagaimana dengan saya yang tidak bisa mendapatkan fasilitas itu pada blog gratisan di WordPress.com? Memang saya bisa menyiasatinya dengan menulis di Word dahulu ketika sedang ada ide, baru kemudian menerbitkan di blog satu persatu atau beberapa dari tulisan kita saat terhubung ke internet.Tetapi ternyata, ada cara yang lebih praktis lagi, yaitu dengan menggunakan browser khusus yang bernama Flock.

Browser Flock sendiri dapat anda unduh disini, setelah anda unduh, tinggal anda instal browser tersebut ke komputer anda. Dan siap-siaplah bergembira. Benar.. dari pertama anda membuka browser tersebut, nampak sekali kalau  browser ini merupakan browser yang bersahabat bagi penggemar situs-situs sosial. Berbagai fitur telah disediakan seperti login langsung ke Facebook, Twitter, MySpace, mencari foto dan video lewat YouTube, Flickr atau Truveo, hingga login ke email anda di yahoo, gmail, atau aol mail. Belum lagi layanan RSS Feed yang menampilkan berita terbaru dari situs yang kita pilih, dan fitur-fitur lain yang terlalu panjang untuk dijelaskan di sini. Jadi mari kita lanjut saja ke bagian yang akan membawa kita ke dunia blog..

Saat kita membuka browser ini, kita akan langsung diajak untuk memasuki dua halaman. Di tab pertama ada halaman Flock-Getting Started yang saat ini kita lewati dulu. Kita menuju halaman di tab selanjutnya, yaitu halaman My World. Di bagian kanan atas, di bawah yahoo search, anda akan menemukan tulisan Post to My Blog, silakan anda klik tulisan tersebut dan anda akan ditawari untuk memasukkan account blog anda. Kalau anda menyetujuinya, akan muncul sidebar di bagian kiri yang bertuliskan Account and Services, anda klik di bagian Blogging. Di situ akan muncul pilihan-pilihan dari penyedia bloghosting seperti Blogger, Blogsome, LiveJournal, dll. Tentu saja WordPress juga ada. Anda tinggal pilih alamat webhosting anda yang mana. Lalu diklik.

Selanjutnya anda akan dibawa ke alamat situsnya, anda tinggal login seperti biasa. Setelah memastikan bahwa anda telah login, browser ini akan menyimpan account anda, ditandai dengan tertulisnya nama account anda di bawah tulisan Account and Services. Kalau account saya berarti caricadieng. Saat account anda sudah tercatat, anda bisa menutup situs bloghosting anda. Dan sekarang, inilah saatnya kita memasuki tahapan yang bisa dilakukan secara offline.

Sekali anda menyimpan account blog anda di bagian Account and Services, maka account tersebut tidak akan hilang kecuali anda mengklik tulisan Forget Account yang ada di bawah nama account anda. Itu artinya, saat anda membuka browser ini lain waktu, maka account blog anda sudah tersimpan dan anda tidak perlu mengulangi tahapan-tahapan di atas lagi. Sebaliknya, kita tinggal mengklik tulisan Post to My Account, dan akan terbuka halaman pembuat draf yang saya ceritakan.

Sampai di sini, anda tingggal menulis postingan anda seperti biasa, lalu anda dapat memilih opsi save draf kalau anda mau menyimpannya sebagai draf, dan draf anda telah tersimpan tanpa perlu terhubung internet. Saat anda mau mempublish, anda hubungkan komputer anda dengan internet dan klik Publish to Blog. Selesai.. Tulisan anda akan terbit di blog anda dengan segera. Selamat mencoba dan semoga anda menyukainya🙂

4 pemikiran pada “Menulis Draft Artikel Blog Tanpa Terhubung Internet

  1. saya juga sudah menggunakannya, flock memang bagus terlebih pada penampilannya yang menarik

    # miftahrahman : yup, nilai lebih Flock juga terletak pada tampilannya yang bagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s