Review Compaq Presario CQ40-337

gambar compaq presario cq40-337

Sebelum anda membaca review ini, saya persilakan anda membaca postingan saya sebelumnya, tentang alasan saya memilih notebook ini waktu mengunjungi pameran komputer. Tetapi kalau mau langsung membaca review ini, silakan dilanjut.. Saya mulai dari tampilan fisik dulu. Compaq Presario CQ40-337 berwarna hitam dengan lambang huruf C di casingnya. Tampilannya secara keseluruhan cukup elegant. Desainnya kompak (sesuai namanya, hehe..) dengan ujung-ujung yang membulat. Port untuk USB tersedia 3 tempat, yaitu 2 di sisi kanan dan 1 di sisi kiri, juga tersedia port untuk SD-MS/Pro MMC.XD. Selain itu ada port bertuliskan HDMI, port untuk charger, dan 3 port lainnya yang saya belum tahu fungsinya. Sedangkan pemutar DVD terletak di samping kanan

Keyboard dibuat rapat dengan sedikit celah, sedangkan ukuran keyboard cukup besar. Satu hal yang kurang saya sukai adalah keyboardnya terlihat plastik, saya lebih suka dengan keyboard milik notebook Acer yang terkesan empuk. Tapi secara fungsi bolehlah, mudah digunakan untuk mengetik. Begitu pula dengan touchpadnya yang responsif. Di atas bagian keyboard, terdapat tombol Power dan Tombol untuk mengaktifkan/menonaktifkan Wifi.

Kita beralih ke layar. Berlayar 14,1 high definition widescreen display, layar notebook ini sangat terang. Bahkan saat kecerahannya diatur sampai tingkat minimal, layarnya masih nyaman dilihat oleh mata. Audionya memuaskan, berkat ditanamkannya Altec Lansing Speakers di sekeliling bagian keyboard, membuat suara musik terdengar mantap, two thumbs up lah. Webcamnya sudah 1,3 MP, dan berfungsi baik.

Sekarang ke daya tahan baterai. Compaq Presario CQ40-337 memiliki baterai 6 cell. Penjualnya mengklaim notebook ini dapat hidup selama 6 jam standby. Pada prakteknya, ketika digunakan normal (untuk kegiatan office), notebook ini mampu bertahan sekitar 3,5 – 4 jam sebelum ada peringatan baterai tinggal 10%. Tapi apabila digunakan sambil mendengarkan music atau untuk browsing, daya tahannya akan menurun menjadi 2 – 2,5 jam saja. Menurut saya daya tahan baterai notebook ini cukup baik, tidak payah tapi juga tidak mengagumkan.

Saat pembelian, notebook ini berisi Free Dos, kemudian oleh penjualnya diinstalkan gratis OS Windows XP + MS Office 2007. Jadi saat saya bawa pulang notebook ini sudah siap digunakan dan diisi dengan berbagai aplikasi. Saya cukup berlega hati karena memori RAM notebook ini sudah 1 GB. Mengingat komputer di rumah memorinya cuma 256 MB, dan sangat lemot ketika membuka beberapa aplikasi, maka di notebook ini saya tidak perlu khawatir merasakan loading lama ketika membuka aplikasi dan menjalankannya. Aplikasi yang saya instal antara lain:

Avast dan Ansav Antivirus
Kedua antivirus kesayangan saya

Safari Browser for Windows dan Avant Browser
Browser dengan tampilan bagus, untuk membuka halaman juga cepat

Abiword 2.7
Pengolah kata yang tampilannya mendekati Microsoft Word

IrfanView
Picture Viewer and Editor yang tidak memakan banyak memory

PhotoScape
Pengolah foto instan yang mudah digunakan, juga tersedia banyak pilihan untuk mengedit dan menggabungkan foto

Billy Music Player
Tampilannya benar-benar minimalis. Adik saya menyebutnya tampilan jadul. Tanpa skin, tanpa pengatur volume, tanpa equalizer. Tapi keluaran suaranya bisa diandalkan, keras dan jernih

Foxit Reader
Pembaca PDF yang ringan dan mudah digunakan

Itulah antara lain beberapa aplikasi yang saya gunakan, semuanya freeware, tidak makan banyak memori, dan berjalan dengan baik di notebook Compaq CQ40-37. Ngomong-ngomong, ini sebenarnya review notebook apa review aplikasi ya? Ya sudahlah, anggap saja kedua-duanya.. Terimakasih sudah membaca tulisan ini🙂

5 pemikiran pada “Review Compaq Presario CQ40-337

  1. bang saya juga pakelaptop CQ40 337..tapi kok bisanya di install vista ya…ga bisaa di install XP gimana tuh….mohon solusinya..thanks

    # thomy : saya juga tidak menginstal sendiri jadi tidak tahu prosesnya. tapi katanya untuk menginstal windows Xp di cq40-337 perlu dilakukan downgrade

  2. emang mantaf bos lapie ini. Saya juga mau beliin lapie buat adek saya. kalo saya, masih bingung milih netbook/mininote. hehe…thx sharingnya bos. ntar adik saya tak suruh lihat review ini.

  3. bOSS,…qo dach ada xp nya??? bukannya g support ma xp? coz denger-denger d xp tuch g ada driver sata ahci nya? hati-hati bos biosnya di upgrade,…denger denger lagi katanya klo di upgrade biosnya garansinya ilang ????mna yg bener y???

Tinggalkan Balasan

