Untung Rugi Ber-internet dengan Perangkat Mobile (Ponsel)

Dalam tahun-tahun terakhir ini, tersebutlah suatu gadget yang teknologinya berkembang sangat pesat dan dilengkapi dengan fitur yang terus bertambah. Saat ini gadget ini juga telah dimiliki oleh hampir semua kalangan, karena harganya yang makin lama makin murah. Yup, benar sekali, gadget tersebut adalah handphone a.k.a ponsel a.k.a telepon genggam. Selain modelnya yang terus berubah, fitur-fiturnya juga terus diperbarui. Ponsel-ponsel terbaru selain dapat digunakan untuk kebutuhan dasar komunikasi (telepon & pesan) juga dapat digunakan untuk kebutuhan bisnis dan multimedia. Hal itu dikarenakan di ponsel zaman sekarang telah tertanam berbagai fitur seperti pemutar musik, perekam &pemutar video, kamera, pdf reader, office editor, gps dan yang tidak kalah penting, web browser.

Perkembangan web browser di ponsel tidak lain tidak bukan ditunjang oleh kemajuan jaringan ponsel itu sendiri. Ketika pertama kali saya menggunakan ponsel di tahun 2003, ponsel GSM masih berjalan di jaringan 2G, makin ke sini jaringan tersebut terus berkembang, yaitu berlanjut dengan EDGE, 3G, dan yang terbaru 3,5 G. Semakin baik jaringan yang digunakan oleh ponsel GSM, semakin mudah, semakin cepat, dan semakin lengkap pula macam data yang dapat diakses. Dulu setting internet di ponsel bukan main rumitnya, harus disetting sendiri oleh pengguna ponsel, tetapi sekarang rata-rata vendor ponsel memanjakan konsumennya dengan memberikan setting internet untuk berbagai operator, kita tinggal memilih settingan yang sesuai dengan operator yang kita gunakan. Dulu juga, halaman web yang dapat kita buka di internet masih sangat sederhana, yaitu hanya situs wap, lelet pula, tetapi sekarang, halaman xhtml atau bahkan html pun mampu dibuka di ponsel, sehingga makin menyamai berinternet menggunakan komputer. Tentu saja ini tergantung pula dari tipe ponsel yang digunakan. Kalau ingin berinternet dengan super nyaman gunakanlah App*e 3G, tapi harganya itu yang membuat tidak nyaman, hehe..

Atas alasan-alasan tersebut di atas, saya menggunakan ponsel saya untuk berinternet. Kebetulan layar ponsel saya cukup lebar, 2 inchi 320×240 pixel, sehingga cukup nyaman untuk berinternet. Untuk browser, saya menggunakan operamini 4.2, walaupun browser bawaan ponsel sebenarnya sudah cukup memadai. Dengan browser operamini tersebut, saya dapat browsing, membuka facebook, dan yang pasti mengelola blog ini. Oya, kalau anda berminat belajar ngeblog lewat ponsel (mobile blogging), silakan googling saja tutorial/tipsnya lewat situs pencari, atau silakan anda mengunjungi blognya mas bibit (ada di blogroll), di sana ada tips-tips untuk mempermudah anda mengelola blog lewat ponsel, juga tips-tips untuk mempopulerkan blog anda sehingga mudah dicari oleh om Google. Monggo..

Berinternet lewat ponsel ada kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan berinternet menggunakan ponsel:

1. Kelebihan
a. Praktis, bisa diakses di mana saja dan kapan saja (asalkan ada sinyal GPRS or syukur-syukur triji). Cocok untuk anda yang mobile.
b. Bisa dilakukan sambil melakukan pekerjaan lain. Saya bahkan seringkali memasak atau menyetrika sambil facebookan lewat ponsel (bagi yang tidak biasa sebaiknya jangan ditiru ya, kalau tidak ingin baju dan masakan anda gosong, hihi..)
c. Bagi yang tidak punya komputer terkoneksi internet di rumah, berinternet lewat ponsel juga lumayan irit, bayangkan kalau cuma untuk mengecek facebook saja anda harus ke warnet, padahal yang namanya facebook itu seringkali memanggil-manggil penuh rindu untuk kita tengok minimal dua kali sehari, seringkali sih lebih.. (halah, bahasanya gak banget sih ^.^)
d. Bagi yang hobi ngeblog, menggunakan ponsel juga menguntungkan karena sewaktu-waktu anda punya ide, langsung bisa anda tuangkan. Kalau ditunda-tunda seringkali inspirasi brilian anda bisa menguap begitu saja.

2. Kekurangan
a. Kalau tidak dengan MANAJEMEN WAKTU yang baik bisa membuat lupa waktu, lupa makan, lupa mandi, juga membuat malas bekerja. Kalau terlalu larut bahkan bisa membuat asosial, alias mengucilkan diri dari lingkungan. Aduuh.. moga-moga tidak ada yang begitu ya..
b. Tagihan pulsa anda bisa tiba-tiba membengkak, apalagi yang menggunakan tagihan pascabayar, karena tagihan dibayar belakangan, jadi seringkali tidak menyadari kalau penggunaan pulsa sudah terlalu banyak.
c. Untuk yang penglihatannya sudah berkurang atau kurang baik, tampilan layar ponsel yang jauh lebih kecil daripada di komputer seringkali dirasa kurang nyaman
d. Membuat anda terlihat terlihat aneh di mata orang lain, karena tertawa sendiri atau menangis sendiri saat memegang ponsel, padahal sebenarnya anda sedang membaca cerita lucu atau cerita sedih di internet, xixi..

Menimbang kelebihan dan kekurangan yang saya tulis di atas, saya jadi ingin berbagi tips untuk membuat kebiasaan berinternet lewat ponsel kita tetap sehat, ini dia tipsnya:

• Gunakanlah operamini sebagai browser anda (bukan promosi lho, cuma berdasarkan pengalaman saja). Selain tampilannya nyaman, operamini juga mempunyai kemampuan mengompres data sehingga biaya yang kita keluarkan bisa diminimalkan (terutama apabila operator menetapkan penghitungan akses berdasarkan volume based)
• Kalau frekuensi berinternet anda cukup sering, sebaiknya berlangganan saja. Saya berlangganan Telko*el Fla*h, mengambil paket 125 MB seharga 50 ribu/bulan, selama ini cukup untuk saya gunakan browsing, facebookan, mengelola blog, plus mengupdate antivirus yang ada di kompi saya rutin tiap hari. Atau anda juga dapat berlangganan paket unlimited apabila operator anda menyediakan. Jadi pengeluaran kita untuk pulsa tetap terkontrol
• Sekiranya tidak diperlukan, silakan non aktifkan gambar saat mengakses internet. Di operamini, anda bisa mengaturnya di pengaturan. Tindakan ini akan membuat anda berhemat cukup banyak.
• Walaupun berinternet memang menyenangkan sehingga sering membuat lupa waktu, ingatlah di dunia nyata anda juga mempunyai kehidupan sosial. Tetaplah menjaga keseimbangan.
• Ada yang mau menambahkan?

Huff, panjang juga postingan saya kali ini, semoga anda tidak tertidur sebelum selesai membacanya, hehe.. Mungkin itu dulu yang dapat saya bagi tentang pengalaman saya ber-internet lewat ponsel. Semoga ada manfaatnya. Salam..

9 pemikiran pada “Untung Rugi Ber-internet dengan Perangkat Mobile (Ponsel)

  1. What’s up bro..Blog ne ngbkin kta g bosen ngaha baca materialx,bwt gua BUGENESE tulen..Hal kyk gne ne yg prlu dbhaz abiz,,add mas/mbk pngelola “posting dunk ngnet gratis!”byar zeru..Oh ya.Me in syams rijalk at F.B.

  2. Hmm..
    Info’a bagus banget..
    Semua penggemar internet’n itu sudah merasakan “Kekurangan dan Kelebihan” dari Ber-internetan melalui Hp..

    Yang belum mencoba,silakan ,mencoba?
    hehe…

  3. I just wanna say:
    1. Trims atas rekomendasi ke blogku.
    2. Thx info about kelebihan dan kekurangan.
    3. Makasih tip untk mobile blogging-nya (hampir sama kayak postinganku)
    4. Matur nuwun.

    1. # 1, 2, 3, 4 : terimakasih kembali..

      # 3 : iya ya, ternyata mirip ma tips di artikel yang judulnya “mobile blogging : mudah, cepat, murah”, terutama tips seputar operamini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s