Pecel 2000 Rupi’ing

Tadi sore, ibu saya pergi ke pengajian ibu-ibu di masjid dekat rumah. Saya dan ayah saya sedang nonton acara “duit kaget” di tv. Tiba-tiba saya mendengar suara di luar rumah.

Suara di luar : “Kulanuwun… Kulanuwun… (Permisi… Permisi)”

Saya : “Nggih sekedhap.. (Ya, bentar..)”

Kayaknya cuma saya yang dengar, soalnya ayah saya anteng saja, sedang serius rupanya menyimak penerima duit kaget yang sedang lari-larian di pasar buat ngabisin uang yang dikasih ma helmy yahya.

Pintu saya buka. Ternyata itu penjual pecel yang suka jualan tiap sore.

Penjual Pecel : “Ini mbak, tadi ibu pesen pecel, katanya suruh dianter ke sini. Semuanya 3000..”.
Saya : “Oya makasih, sebentar saya ambil uang dulu”

Saya melongok ke tas plastik yang dikasih ma penjual pecel. Ada sebungkus pecel ma beberapa gorengan, wah.. enak juga kayaknya. Saya masuk rumah, ambil uang 5000.

Saya : “Ini yang 2000 buat pecel aja satu lagi” (sambil nyerahin piring)

Penjual tersebut dengan cekatan mulai membuatkan pecel. Sayurannya daun bayam, daun kenci, kubis, dan terakhir disiram kuah sambal kacang. Saya bengong, itu ibu-ibu kok naruh sayurnya banyak banget, sampai satu piring penuh semua. Padahal piringnya besar. Apa ga kebanyakan, pikir saya. Itu sih buat dua orang juga kenyang, kalau sendiri mana habis..

Akhirnya pecelnya saya taruh di dua piring, yang satunya buat ayah saya.

Saya : “ Pak, ini pecelnya saya bagi dua, tadi dikasih penjualnya banyak banget”

Ayah: “ Mang beli berapa kok dapat sebanyak itu?”

Saya : “Dua ribu”.

Ayah : “Pantesan dikasih banyak. Lagian kenapa beli dua ribu, itu pecel biasanya seporsi cuma 500 rupiah kok”

Saya : “Hah?!”

Jangan-jangan saya dikira maruk lagi sama penjual pecelnya, beli sepiring pecel setara empat porsi, haha..

Tinggalkan Balasan

