Kamera Silverku, Sebuah Gadget dari Masa Lalu

Hari minggu kemarin saya bersih-bersih lemari buku. Walaupun dibilang lemari buku, isinya lumayan bermacam-macam. Selain buku, saya juga menyimpan koleksi kaset, tas, dan berbagai benda yang tidak pernah digunakan tapi sayang kalau disimpan di gudang. Contohnya kalkulator rusak, jam beker yang dah ga mau jalan, tempat kacamata entah punya siapa (mungkin punya adik, soalnya saya tidak pakai kacamata), dan ada juga kamera.

Kamera itu, entah kenapa menarik perhatian saya. Kamera tersebut bukan kamera digital, melainkan kamera yang memakai film. Yang kalau memfoto kita harus mendekatkan di mata. Yang tiap kali digunakan untuk mengambil gambar akan terdengar suara zrtt.. dari putaran filmnya. Dan menghamburlah ingatan saya pada saat-saat mengunakan kamera itu. Foto-foto yang ada di album saya jadi saksi betapa kamera itu pernah sangat sibuk. Ada foto fieldtrip kelas, foto penelitian, foto waktu jalan-jalan, juga foto saat wisuda.

Kemudian, teringat saat pertama saya memutuskan membeli kamera itu..

Waktu kuliah, saya pernah ikut jadi panitia kegiatan di kampus walaupun cuma beberapa kali. Dan waktu itu sedang musim-musimnya untuk mengabadikan momen dengan kamera. Itulah sebabnya saya membeli kamera yang menghabiskan seperempat uang bulanan saya itu. Mulanya saya gunakan hanya untuk dokumentasi kepanitiaan, tepatnya foto-foto panitianya. Tapi lama-lama merembet juga dipakai saat ada berbagai acara dengan teman-teman. Di puncak, sukabumi, tawangmangu, dufan, jogja, malang, sampai di depan kost-an saking narsisnya, hehe.. Jadilah kamera tersebut sebuah kamera manis warna silver, yang menyimpan beratus kenangan manis pula..

Sayangnya sekarang kamera itu tidak pernah saya gunakan, tergeser oleh kamera hp yang lebih praktis. Saya kok jadi berandai-andai, kira-kira lima tahun lagi, masih ada tidak ya orang yang menggunakan kamera analog, sedangkan sekarang saja makin jarang orang yang menggunakannya. Kalau tidak ada, kamera ini akan jadi barang antik donk.. Mungkin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s