Tahukah Anda Manfaat Pisang?

Pisang merupakan buah yang mudah didapat di pasaran, tetapi apakah anda sudah menyadari manfaat pisang?

Sumber Energi

Pisang yang mengandung tiga gula alami-sukrosa, fruktosa dan glukosa, serta mengandung serat memberikan energi dasar secara cepat. Makan pisang dua buah sudah bisa menyediakan energi untuk bekerja selama 90 menit. Tidak heran jika pisang adalah salah satu buah yang sering dikonsumsi atlet. Tapi bukan hanya energi yang dapat diberikan pisang supaya tubuh kita tetap fit. Pisang juga dapat mengatasi berbagai penyakit dan kondisi yang buruk, oleh karena itu sudah seharusnya pisang ditambahkan dalam diet harian anda.

Depresi
Berdasarkan survei terbaru yang dilakukan oleh MIND pada orang-orang yang menderita depresi, diketahui bahwa kebanyakan dari mereka merasa lebih baik setelah makan pisang. Hal ini dikarenakan pisang mengandung triptofan, protein yang akan diubah oleh tubuh menjadi serotonin, yang akan membuat anda merasa santai, memperbaiki mood anda dan secara umum membuat anda lebih gembira.
Pesan: lupakan pil obat-obatan, makanlah pisang. Vitamin B6 yang dikandungnya mengatur kadar glukosa darah, yang akan berpengaruh ke mood anda.

Anemia
Pisang kaya akan zat besi yang dapat menstimulasi produksi haemoglobin dalam darah sehingga dapat membantu orang yang anemia. Namun hati-hati pada penderita asam urat karena kandungan zat besinya tinggi.

Tekanan darah
Buah tropis yang unik ini benar-benar kaya potassium, yang pada garam kandungannya rendah, membuatnya sempurna untuk mengatur tekanan darah. Oleh karena itu, badan makanan dan obat-obatan Amerika (US Food and Drug Administration) mengizinkan industri yang menjual pisang membuat klaim resmi yang menyatakan kegunaan pisang sebagai buah yang dapat mengurangi resiko tekanan darah dan stroke.

Meningkatkan kecerdasan
200 murid di Twickenham telah dibantu melewati masa ujian dengan mengonsumsi pisang saat sarapan, istirahat, dan makan siang dengan tujuan meningkatkan kecerdasan mereka. Penelitian menunjukkan bahwa buah yang mengandung potassium dapat mendampingi saat mereka belajar karena fungsinya membuat pupil mata lebih nyaman dan tidak mudah merasa lelah saat membaca.

Sembelit
Pisang mengandung banyak serat yang dapat membantu buang air besar secara normal, membantu mengatasi sembelit tanpa obat pencahar.

Bad mood di pagi hari
Makan pisang saat sarapan menjaga tingkat gula darah anda dan menghindari Bad mood di pagi hari

Gigitan nyamuk
Daripada anda menggaruk bagian yang digigit nyamuk, cobalah untuk mengolesinya dengan bagian dalam dari kulit pisang. Banyak orang yang telah merasakan bahwa cara itu secara ajaib mengurangi rasa gatal dan iritasi akibat digigit nyamuk.

Syaraf
Pisang kaya akan vitamin B yang membantu menenangkan sistem urat syaraf anda

Menghentikan Kebiasaan Merokok
Pisang dapat membantu orang untuk berhenti merokok. Vitamin B6, B12, dan juga potassium dan magnesium yang terkandung di dalamnya membantu memulihkan tubuh untuk mengatasi efek dari ketergantungan nikotin.

Stress
Potasium adalah mineral penting yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengatur keseimbangan air dalam tubuh. Ketika kita stres, metabolisme kita meningkat, yang akhirnya akan mengurangi tingkat potassium kita. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan memakan pisang yang kaya potassium

Stroke
Berdasarkan penelitian di “The New England Journal of Medicine”, memakan pisang sebagai bagian dari diet dapat mengurangi resiko mati akibat stroke sampai 40%

Jadi, pisang benar-benar merupakan obat alami untuk banyak penyakit. Ketika anda membandingkan pisang dengan apel, anda dapat mengetahui bahwa pisang mengandung protein sebanyak empat kali, kabohidrat sebanyak dua kali, fosfor sebanyak empat kali, zat besi dan vitamin A sebanyak lima kali, dan vitamin lain serta mineral sebanyak dua kali lipat. Pisang juga kaya potassium dan yang penting pisang merupakan salah satu buah yang cukup murah.

pisang
pisang

Satu pemikiran pada “Tahukah Anda Manfaat Pisang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s