Memilih Tas Laptop yang Baik

Dibandingkan beberapa tahun lalu, pengguna notebook/netbook sudah berkembang dengan sangat pesatnya. Hal ini wajar saja sebab harga notebook/netbook sudah semakin murah dan terjangkau oleh banyak kalangan, bahkan banyak juga toko yang menyediakan layanan kredit sehingga makin memudahkan seseorang yang ingin memilikinya.

Maraknya penggunaan notebook/netbook ternyata juga membuat berkembangnya usaha aksesorisnya, apalagi kalau bukan tas laptop. Dulu kira-kira tahun 2006-2007, harga tas laptop masih cukup mahal, merk luar negeri yang terkenal harganya bisa diatas 500 ribu sampai jutaan, tapi sekarang cukup banyak produsen tas lokal yang memproduksi tas laptop dengan harga yang cukup terjangkau dan dengan kualitas yang baik.

ADA HARGA ADA RUPA
Walaupun banyak tas laptop yang dijual yang dijual dengan harga sangat murah, anda perlu mempertimbangkan pula beberapa kriteria yang diperlukan untuk menjaga laptop anda dari resiko kerusakan, jangan sampai hanya karena mencari tas laptop berharga murah, ternyata tas laptop yang anda beli tidak mempunyai proteksi yang baik. Istilahnya, murah boleh, tapi jangan yang murahan.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa anda jadikan pedoman dalam memilih tas laptop :
1. BAHAN
Memilih bahan tas laptop yang baik setidaknya bisa dipertimbangkan dari segi kenyamanan dan keamanan. Bahan yang dipilih sebaiknya mempunyai ketahanan terhadap beban, robekan, dan kalau perlu tahan terhadap air (anti air). Perlindungan terhadap beban diperlukan karena apabila tidak dapat menahan beban notebook/netbok maka tas akan cepat rusak (jebol). Perlindungan terhadap robekan terutama untuk mengantisipasi copet di kendaraan/ di jalan. Perlindungan terhadap air diperlukan terutama untuk pengendara motor, tapi jika tas laptop yang ingin anda beli tidak anti air, anda masih dapat memakai rain cover/rain coat tas.
Bahan yang biasa digunakan untuk membuat tas laptop adalah cordura dan balistic nylon karena kekuatan dan ketahanannya. Selain itu ada juga yang menggunakan polyester, kanvas, kulit (baik asli maupun sintetik), atau bahkan bahan jeans. Apapun bahan yang anda pilih, sebaiknya anda memastikan bahwa bahan yang anda pilih memang cukup mampu menjadi pelindung terluar dari laptop anda.

2. PADDING
Padding (bantalan) digunakan untuk melindungi laptop dari benturan akibat goncangan maupun terjatuh secara tidak sengaja. Pembuat tas laptop ada yang menggunakan teknologi khusus peredam benturan pada produk tas laptopnya (anda dapat mengunjungi beberapa produsen tas laptop terkenal untuk mencari tahu tentang teknologi yang digunakan). Atau pilihlah tas laptop yang menggunakan high density foam yang cukup tebal. Jika anda terlanjur membeli tas laptop yang paddingnya kurang baik, anda dapat mensiasatinya dengan membeli sleeve laptop yang berkualitas baik. Laptop dapat dimasukkan ke dalam sleeve sebelum dimasukkan ke tas laptop.

3. Konektor
Konektor adalah penghubung antara tali dengan badan tas. Teknologi konektor yang baik akan membuat tas laptop mampu menahan beban yang cukup berat, sedangkan konektor yang buruk bisa menyebabkan laptop anda celaka karena terjatuh akibat konektor yang putus saat dibawa, akibat tidak kuat menahan beban.

4. Jahitan
Jahitan untuk tas laptop sebaiknya pilihlah yang menggunakan jahitan bartrack. Jahitan bartrack membuat tas lebih tahan terhadap robekan/lepas di bagian jahitan.

5. Ukuran
Membeli tas laptop sebaiknya menyesuaikan dengan ukuran laptopnya. Tas laptop 14″ memang muat untuk netbook 10″, tapi kompartemen laptopnya menjadi terlalu longgar sehingga netbook anda akan lebih mudah terguncang, sehingga lebih bijaksana kalau anda memilih tas laptop sesuai ukuran laptop anda.

6. Model
Tas laptop ada yang bermodel jinjing, selempang, atau gendong (backpack), juga bisa kombinasi dari ketiganya. Anda dapat memilih sesuai kebutuhan. Untuk netbook yang ukurannya relatif kecil dan tidak terlalu berat, tas selempang pilihan yang baik, sedangkan untuk laptop dengan ukuran yang lebih besar, anda dapat memilih tas backpack sehingga beban yang anda tanggung dapat dibagi di kedua bahu. Sedangkan tas jinjing dapat digunakan untuk penggunaan formal seperti tas kantoran, selain itu desain tas laptop untuk wanita yang kebanyakan handmade juga banyak menggunakan desain tas jinjing.

Saya sudah pernah menggunakan tas laptop lokal maupun tas laptop luar bermerk terkenal (yang asli tentunya), ternyata secara kualitas keduanya bisa dibilang setara. Itu membuktikan bahwa produk lokal pun mampu bersaing dengan produk luar. Untuk mencari merk-merk tas laptop yang bagus, silahkan browsing sendiri ya… hehe…

5 pemikiran pada “Memilih Tas Laptop yang Baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s