Biduran, Apa dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Biduran atau kaligata merupakan nama lain dari penyakit kulit urtikaria, dimana tanda kelainan kulitnya adalah timbul bentol-bentol kemerahan, sangat gatal dan sering disertai rasa tertusuk dan panas, dan dasar penyebabnya adalah “Atopi”
.

Atopi adalah suatu keadaan/kelainan alergi yang sifatnya diturunkan dari dalam suatu keluarga dengan manifestasi penyakit seperti: dermatitis atopik (radang kulit yang sifatnya berulang-ulang, kelainan kulit ruam yang timbul pada tempat-tempat tertentu dengan tanda-tanda khas sesuai umur bayi, anak atau dewasa), urtikaria (biduran), asma, sering pilek dan bersin sampai hidung mampet, biasanya terdapat pula tanda dan gejala yang ada pada penderita tersebut yaitu:buras di wajah, lingkaran mata yang gelap, kulit kering dan wajah agak pucat.

Penyebab (pencentus) biduran adalah:
• Bahan yang sering berkontak dengan tubuh misalnya sabun cair, sabun antiseptik, hand and body lotion yang tidak sesuai, bedal salicyl, dsb
• Makanan tertentu misal ikan laut (cumi, udang)
• Obat seperti golongan penisilin, penghilang rasa sakit, sulfa, tetra, dsb

Biduran pada dasarnya dapat disembuhkan dan lamanya tiap orang berbeda, tergantung jenis obat yang diberikan oleh dokter dan ketaatan pasien minum obat, serta menghindari faktor penyebab timbulnya biduran. Cara menemukan faktor penyebab adalah dengan mencatat obat, makanan, atau bahan yang ketika digunakan atau dikonsumsi menyebabkan timbulnya biduran.

Demikian dan semoga bermanfaat.

Sumber: dr Lewie Suryaatmadja SpKK, pengasuh rubrik CANTIK SEHAT di Harian Suara Merdeka Edisi Minggu, 26 April 2009

70 pemikiran pada “Biduran, Apa dan Bagaimana Cara Mengatasinya

  1. Anak saya umur 6 th krg mulai abis lebaran kmr ampe sekarang biduren ilang,kumat agi saya pikir krna abis makn mie instan+telor krna dlu abis makan itu paginya langsung bentol2.Tapi kami sudah berusaha hindari dengan nggak makan mie instan ma telor lagi tapi masih seperti itu kenapa ya tlg cari solusinya.Kasihan soalnya dia masih kecil kalo kumat pasti nggak bisa tidur sibuk garuk2.

  2. tlng info donk….k pria mglmi gtal btl sjak feb 2013 sblum tdk prnh.k suntik estrogen hormon jnis douton 10ampl blan nov2012…mnum pil androcure…pa pynybab y mang tbuh k lemah tw …hormon tu yg g cocok ma k.tlong info y .mksi

  3. halo bro guwe juga bingung,udah 10 tahu lebih, dari aku SMP kelas 2,SMA,kuliah dan samapai aku kerja tidak bisa ngobatin yang namanya penyakit gatal bintul2 kecil dan makin lama makin besar merata di seluruh tubuh yang rasana panas seperti tusukjaruam,aku udah priksa di sepisialis kulit tapi tidak sembuh juga,sedangkan alergi apa aku juga tidak taui, dari dulu aku hanya minum obat INSIDAL hanya untuk menghilangkan gatal sementara,tolong yang tau obatnya kasi tau kemari…………..

  4. Hampir 2 bln terakhir ini saya terkena gatal2,kata dokter biduran,tp gk sembuh2 ya…udh minum incidal,dan obat dokter lainnya,skr hampir tiap hari timbul gatal2 dan keluarnya terserah dia,kapan aja dikulit bagian mana aja.saya ke dokter yg lain pun gk tau penyebabnya apa,dan kenapa..pola makan dan aktivitas sy pun biasa ,tp knp baru akhir2 ini timbul biduran spt ini? Tolong banget ya buat kalian siapa aja yg tau obat nya aku mohon banget infonya,makasih Yaa

  5. wuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu kaligataaaaaaa!!! .udah ke 5 dokter tuh manalagi tuh bayar ke dokternya mahall banget -__- haduhhh tetep aja kagak sembuh

  6. Aku Waktu Itu Hampir Sembuh Gara Gara Minum Jamu Yang Pahitnya Minta Ampun wkwkwk , nah gara gara pahitnya itu minum jamunya jadi gak teratur ,dan saat itu pula kaligatanya kambuh lagi .huaaaaaaa cobain minum jamu ajadeh yang pahitttnya itu bikin sakit hati*loh kok sakit hati hahaha maap maap bercanda dikit .kaligata itu sumpahhh ganggu bangettt setiap tangan di gores dikit pake tangan langsung tuh bentuk garis ,apalagi merah merahnya itu dan bentol kayak sebuah pulau gitu haduhhh repot repot .

  7. Sy ibuberumur 34th..dr tahun 1993 udah sering biduran…walo ga sering.terakhir yg parah banget th 1996….dr kepala smpai kaki ga da yang kelewatan dr biduran.bener2 kayak beri2….solusi cm minum ctm
    Setelah kejadian itu ga pernah lagi ngalamin biduran,tp 2 bulan terakhir ngalamin biduran hampir setiap saat ga pagi siang malam.tiap kena keringat sendiri lgsg biduran,kena angin,duduk manis ga ngapa2in juga biduran.soal makanan kayaknya ga ada yg bikin gatel2 kecuali mules2….uda stresssssss banget ngalamin biduran yang ga jelas ini.kasian ginjal juga kalo konsumsi obat2an pereda aleri…lagian cm bantu sesaat ini

  8. Mulai kecil saya gak pernah biduran tapi skrg usia menginjak 42 kok tiba2 kena penyakit biduran wah baru tahu rasanya biduran gataaaal abisssss……

  9. Wah saya jga udh dri kecil pernah biduran..sampe kadang bibir+mata saya juga terkena biduran yg menimbulkan bengkak besar..!!sekarang d usia saya yg 22thun ni timbul biduran lagi akhir”bulan september sampe sekrng yg parahnya sya udh kcanduan obat CTM smpe kadang 2pil dlam wktu 1hri bisa minum berulang X (n) sampe saya udah bikin air jaHE’minum air kelapa muda’incidal..Gak manjur deh spertinya..karna rasa gatalnya yg gak bsa d handle lagi ih..paling malas kalo lgi kluar rumah sbentar/k acara pke dres malah timbul Bentol”gitu.!!Helpen dong solusinya yg manjur apa’an yah??
    Dankjewel

  10. wah ternyata yg senasib sama saya banyak, saya sudah setahun lebih biduran, uda mencoba segala macam obat dari incidal, obat dokter, bahkan saya sampai berobat ke singapore dan malaysia, tapi tetap saja tidak sembuh. semua org menyuruh mencari pencetus alerginya, bagaimana kalau biduran saya setiap jam? hampir setiap jam badan saya gatal, kadang2 bangun pagi saja uda ada kulit yg lecet karna sewaktu lagi tidur di garuk, makan seafood uda termasuk haram buat penderita, saya sudah sempat olah raga setiap sore, tapi kadang2 sewaktu lagi olah raga pun paha atau tangan bisa ada bentol2, saya terkena biduran sekitar bulan 7-8/ 2011, agak lupa, saya takut ketergantungan dengan obat2 penghilang rasa gatal, dan jika di konsumsi untuk jangka panjang takutnya memiliki efek samping. kalau saya makan seafood atau mandi air dingin, langsung biduran nya mengganas dan membentuk pulau di sana sini, tapi kalau lagi jinak cm seperti di gigit nyamuk sekitar 10 bentol mungkin di sekujur tubuh mungkin tangan kaki atau badan. saya berani membayar berapa saja bagi dokter atau teman2 sekalian yg dapat menyembuhkan penyakit saya, silahkan hub 081288661959 – andre jika anda niat ingin membantu saya dan pasti akan saya balas budi anda. terima kasih….

    • coba tiap pagi minum susu+telor ayam kampung…dl saya biduran di ksh minum itu tiap pagi sm nenek saya..cara buatnya susu dgn air mendidih trus lgsg masukan telor ayam kampungnya trus di aduk n di minum deh….

    • Coba lakukan terapi bekam Dan minum madu, propolis Dan obat obat herbal lainnya setiap habis makan. Memang gak langsung sembuh tapI jika rutin pasti sembuh. Abang saya 3 tahun terkena biduran setelah terapi Dan minum obat herbal, sebulan kemudian sembuh total.

    • resep tradisional : dringo dicampur bengle ditumbuk halus, tambahkan minyak goreng yang masih bersih. diusapkan pada bagian yang merasa gatal. setelah itu minum asam jawa yang diseduh dengan gula jawa. atau minum air kelapa hijau. selamat mencoba. istri saya tadi siang parah sekali. sekarang sudah agak reda bidurnya

  11. saya heran knp tiap sore mau skitar jam 6 sore selau muncul biduran…gatel2 dah ni perut sampe leher…anehnya hampir tiap sore blakangan ini….biduran nya slalu muncul…

  12. Saya td siang makan seafood yg mungkin proses masaknya masih kotor sehingga menyebabkan alergi dan terjadi biduran pada malam harinya.. Pertanyaan nya knp pd saat mkn seafood tdk lsg biduran ? Krn makanan masih dlm proses antri u/ dioleh.setelah diolah maka zat yg mengandung alergi mulai bergerak kedlm darah,diikuti dgn detak jantung yg mulai meningkat maka secara otomatis darah kotor td yg mengalir ke seluruh tubuh mengakibatkan biduran,fungsi drpd empedu u/ menetralisir racun akan berkurang apabila anti body turun maka itu sebabnya jaga kondisi tbuh..

    Apabila gatal dari dlm tubuh berarti ad kesalahan dr dlm,pemicu dari luar seperti udara dingin..

    Saya pd saat terkena biduran sy lsg mnd meskipun tdk boleh,pd saat mnd biduran lsg keluar krn dirangsang dr luar dan sy lsg minum obat agar efek drpd obat lsg bekerja,alhasil dlm 2 – 3 jam sy lsg sembuh..

    Apabila penyakit susah sembuh dan bertahun susah disembuhkan,kmren saya dr china berobat pilek tdk perna sembuh kumat trus lalu diberi info ad yg salah di lambung tiap pagi hrus sarapan dan ternyata benar. bbrp akibat penyakit yg susah sembuh dan cpt kumat dikarenakan fungsi lambung ad yg salah. Sekian tks.

  13. wah sama nih udah 1 mingguan biduran blum ilang juga
    pertama sih di perut dikit gw garuk tuh karena gatel banget
    pas esokan harinya makin tambah banyak aja sampe ke selangkangan terus merambat ampe tangan nih
    tapi sih yg di perut udah ada gosong2 dikit sih kayaknya mau sembuh
    yg di heranin apa sih penyebabnya

  14. sy nih terkena biduran dr minggu lalu trs demamnya udh nggak terasa br td abis berenang badan tiba2 memerah jd tuh kalau di ruangan ber AC harus menggunakan ajket trs mandinya harus apkai air hangat

  15. saya seorang ibu yg mempunyai seorang anak berusia 1,8 tahun,sejak usia 1 tahun dia sering mengalami bentol2 memerah,menurut orang biduran ,bahkan kadang seperti gigitan semut yg besar2.
    bagaimana cara mengatasinya,mohon dibalas..

  16. saya biduran baru2 ini, tepatnya tanggal 5 Maret 2012. awalnya sy anggap g terlalu bahaya, namun lama kelamaan jdi ganggu aktivitas sya. sya jdi malu ktemu ma orang terutama ma cewek, pa lagi kalo biduranny di wajah..
    Malem harinya saya ke dokter, katanya sih suruh ngindari segala yg berhubungan dg hawa dingin. Tapi, entahlah sya coba minum obat dri dokter tadi. Alhamdullilah keesokan harinya penyakit yg meresahkan itu akhirnya sirna.. Aktivitas sya jdi lancar dan tmbah percaya diri..
    Namun, obat itu hanya bertahan selama 3 hari, dan alergi itupun dateng. Saya jadi bingung.. Kemudian saya searching info tentang penyakit ini di mbah google, ternyata penyebab utamanya adalh sistem kekebalan tubuh rendah.. Tanpa pikir panjang sya mencoba tuk meluangkan waktu tuk jogging, sya lakukan setiap hari. Ternyata, hasilnya memuaskan biduran sya sekrang sdah hilang.. dan sya sngat berterima kasih kpd Allah SWT.
    Tuk penderita biduren:
    1. Usahakn jika gatal jgn digaruk
    2. Selalu gunakan jaket jika bepergian
    3. Jagalah kebersihan, jika perlu air yg digunakan tuk mandi cobalah tuk dikasih antiseptic.
    Dan jangan menyerah, semua penyakit pasti ada obatnya.

  17. saya skrg usia 31 thn, baru sekrg tkena biduran, n bingung bgt knp sebabnya?! dr dlu sya g ada masalah dgn makanan, obat2, jg cuaca dingin atw panas, stlah kna bgni waduh benar2 mnganggu aktivitas saya, n saya takut anak saya jg ketularan nantinya. mhn bantuannya. tq

  18. Anak saya usia 4 tahun pernah biduran kurang lebih satu minggu. Obat dari dokter sdh diminum namun panas tubuh dan bidurannya tidak kunjung sembuh. Sampai akirnya Ibu saya menyarankan air rebusan daun sirih untuk mandinya. AlhamduliLLAH, SubhaanaLLAH, anak saya sembuh setelah saya suruh berendam air hangat dicampur rebusan daun sirih di bak mandinya dan bilasannya selama kurang lebih lima menit. Thank U Allah for My Mother..

  19. saya mengalami biduran akhir april 2011. sudah kedokter, minum jamu pahitan,dan setiap kambuh minum cetirizine. sampai kini belum tahu penyebabnya, karena tidak makan makanan berproteinpun juga kumat.

    siapa tahu tolong kasih solusi ya……………..

    • saya kena biduran 2011 agustus, sampai sekarang masih ada, sudah kedokter mana pun, obat nya semua ga ada yg mempan, cm tahan 1 hari trus kambuh lagi, kadang terasa seperti digigit semut merah atau terasa seperti di tusuk jarum halus, dan ga lama kemudian bentol2 pun berhamburan, biasanya di kaki, tangan dan badan. ga tau apa obatnya, air kelapa pun ga mempan… bener2 ga tau apa penyebabnya, seafood ga makan, telor ga makan, smua makanan uda pernah coba diet semua, tapi tetep aja tuh biduran menyerang, bisa keluar kapan pun suka2 dia, mau pagi, siang, sore or malam…. mohon bantuan nya…..

  20. Huuuaaa… saya juga kena biduran berawal dri kls 9 smp.. semper ilang eh pas kls 1 smk gtu lg.. ckckckk… obatnya apa yahhh… :( malu bgt nih klo biduran pas lg dkt sm cwek.. hehe

  21. saya lagi gatel2 biduran nih saat ini,,,, penyebabnya yg memang itu, dr udara yg panas, gerah lalu msk ke ruang yg ber AC, pasti deehh ngga lama stlah itu saya pasti biduran

  22. teman2, biduran itu adalah sakit yang turun temurun,so bertawakal saja,aq aj sabar kug nunggu ampe usia kita cukup untuk menyudahi,memang cukup sengsara,malu,dan banyak lg,tp suatu ketika aq sakit,salah satu temanq ada yg nyaranin buat minum teh panas pahit,istirahat,pake jaket,tutup jendela agar trhindar dr tiupan udara,sedikit demi sedikit akhirny sembuh…alhamdulillah d usia 20tahun dan seterusny tdk lg sakit,

  23. aku terkena biduran sejak smp kelas 8 aku nggak bisa sembuh kalau sembuh aku minium obat INCIDAL
    tapi setelah minum obat itu penyakitnya kambuh lagiii … saya siudah di dokter tapi aku kok nggak sembuh

  24. aq juga nih,lg ngalamin.
    memank sih belum lama, tapi udahmenghambat semua ktivitas q sehari-hari..
    tolong donk beri tw tipsnya agar aq bebas dri penyakit penmbawa sial ini.
    TOLONG YA…..

  25. aku telah mengalami biduran sejak aku SMA smpai sekrg.aku sering biduran kalau siang saat istirahat, kadang2 kalau badan sedang tidak fit, saat cuaca panas dingin, stlh mkn seafood, atau stlh minum obat dosis tinggi…tapi aku blm tahun pasti apa sebabnya.tolong beritahu obatnya ya…karena aku ingin sembuh dan sehat kembali.Trims

  26. saya mulai biduran umur 8 tahun semenjak usia 9 tahun mpe 17 sya udah g biduran lg, skarang usia sya 18 taon tiba2 penyakitnya muncul lg, skarang malah tiap hri sya biduran terus. kira2 sya alergi apa y?

  27. Saya juga sering sekali terkena alergi biduran, sejak umur 13tahun sampai sekarang saya berumur 22tahun. Penyebabnya juga masih kurang jelas, tapi sepertinya sih udara dingin. Namun, kadang saat udara dingin juga ga kambuh, mungkin tergantung kondisi tubuh juga sedang fit atau tidak. Kalau saat kambuh, saya periksa ke dokter dan diberi obat2an, setelah beberapa waktu ternyata kambuh lagi.
    Sebenarnya bisa dihilangkan sama sekali ga ya alergi ini? Soalnya sangat mengganggu aktivitas…
    Terimakasih..

  28. Kalo biduran pakai propolis aja, itu loh suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu.Propolis dikumpulkan oleh lebah dari pucuk daun-daun yang muda kemudian dicampur dengan air liurnya, digunakan untuk menambal, membungkus, melindungi dan mensterilkan sarang dari serbuan kuman, virus, atau bakteri. Propolis bersifat desinfektan (anti bakteri), saya sudah lama pakai propolis untuk pengobatan sendiri dan kelluarga. Jika berminat, hubungi : 081380044311 – Hilman.

  29. Ngpa sh kox bs biduran . Pa karna udara dingin, q dh minum obt tp te2p zA biduran pngn bngtZ deh gk biduran lg obt ny pa sh . . .?

  30. Saya mengalami Biduran hampir tiap malam sampai pagi bangun tidur, dan baru mulai mengalami 6 bulan terakhir. Kalau sudah mulai gatal, badan bisa bengkak seperti beri-beri rasanya gatal-panas-menusuk. Saya tidak tau kenapa.

    Kalau sudah mncul, biasanya saya mandi pakai sabun Organic, minum Claritin dan oleskan seluruh bagian yg gatal dengan Profenid Gel Ketoprofen. Kadang gatal berangsur hiang setelah 2 jam kemudian, tapi kadang tetap gatal sampai berjam-jam kemudian.

  31. Akhir-akhir ini saya sering sekali biduran tiap habis pulang kerja jam 7 pm mulai muncul gatal2 dan tiap malam pula saya selalu minum obat CTM (sejenis obat tidur dan penghilang gatal2) tapi yang saya herankan kenapa saya jadi mudah terserang biduran ya?padahal terakhir saya biduran waktu duduk di kelas IV SD…..Tolong bantu aku ya apa solusinya….Thanks….

    • Mungkin faktor psikologis n asupan gizi juga pengaruh, kalo aku udah coba hindari yang kira2 jadi penyebab alergi, tapi tiap malam sampe pagi dan siang pas gerah juga masih sering biduran. tapi kalo pas dirumah orang tua ga biduran lagi. hehe….

  32. napa ya?? kalau dah menjelang sore saya ngerasa seluruh tubuh saya gatal2.??? padahal saya dah minum obat yang di anjurkan dokter. tapi, walaupun sudah minum sampai obat habis, gatal itu timbul kembali pada saya.

  33. anak saya bulan lalu step tapi dah sembuh, tapi sesudah itu anak saya terkena biduran, kenapa ya? apakah karena obat?

  34. apakah udara dingin dapat menimbulkan biduran?
    tiap hari mucul ruam2 merah yg gatal sekali di badan saya,termasuk wajah. saya tidak tau penyebabnya,saya sdh mencoba tdk makan seafood,tidak minum obat yg mengandung aspirin dll,tp rasa gatal itu tetap muncul.

    # mia : di bahasan tersebut cuaca dingin memang tidak di sebutkan, tetapi karena biduran adalah alergi, maka dimungkinkan udara dingin juga bisa menjadi penyebab. Untuk membuktikan apakah udara dingin adalah penyebab alergi atau bukan, coba anda perhatikan setelah udara berangsur-angsur hangat, biduran anda hilang atau tidak. Demikian dan semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s