Keripik Kulit Cakar Ayam

Cakar ayam selama ini lebih populer sebagai bahan pelengkap dalam membuat sup ayam. Tapi tahukah anda cakar ayam dapat dimanfaatkan lebih lanjut dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi?

Cakar ayam dapat diambil kulitnya untuk disamak dan dijadikan barang-barang kerajinan kulit yang cukup berharga. Tulang cakar ayam dapat diolah menjadi lem (adhesive) yang bermutu tinggi (Purnomo, 1992).

Selain itu, ada satu bentuk hasil olahan cakar ayam yang berupa makanan ringan yaitu keripik kulit cakar ayam. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara pengolahannya tidak begitu sulit. Tapi sebelumnya, perlu dijelaskan apa yang terkandung dalam kulit cakar ayam, serta manfaatnya bagi kita.

Secara histologis, kulit hewan pada umumnya dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu epidermis, dermis dan hipodermis (Judoamidjojo, 1981). Persentase dari masing – masing lapisan kulit sangat berbeda dengan kulit hewan mamalia. Lapisan dermis pada kulit cakar ayam cukup tebal dan lapisan hipodermis lebih tipis (Mustakim et al., 1998).

Protein kolagen pengaruhnya sangat dominan karena 90% total protein lapisan dermis terdiri atas protein kolagen (Kanagy, 1977). Kolagen mengandung asam amino prolin dan hidroksiprolin yang merupakan unsur yang sangat penting bagi pertumbuhan makhluk muda yang sedang tumbuh. Orang-orang tua yang mengalami retak pinggul dan patah tulang akan cepat sembuh dan utuh bila pasien tersebut diberi asam amino prolin dan hidroksiprolin (Winarno, 1993).

Pembuatan Keripik Kulit Cakar Ayam

Bahan dan Alat
Bahan yang digunakan adalah cakar ayam, garam 2% (terhadap berat cakar ayam), merica 1% (terhadap berat cakar ayam) dan bawang putih 1% (terhadap berat cakar ayam). Dapat pula ditambahkan bumbu-bumbu sesuai selera seperti bubuk cabe dan pewarna alami (kunyit). Alat yang digunakan adalah kompor, dandang untuk mengukus, waskom, nyiru dan pisau.

Cara Membuat:
Cakar ayam dibersihkan dari kulit arinya kemudian dicuci bersih. Diberi bumbu garam, merica dan bawang putih serta dibiarkan selama ½ jam supaya bumbu meresap. Cakar dikukus selama 15 menit lalu diangkat, kemudian diletakkan di atas nyiru. Dijemur di panas matahari selama 15 menit, lalu diangkat. Kulit cakar dikelupas dan diusahakan bentuknya seperti cakar. Kulit yang sudah terkelupas dijemur lagi lagi sampai kering yaitu hingga beratnya tetap. Kulit yang sudah kering siap untuk digoreng.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba..

DAFTAR PUSTAKA

Judoamidjojo, R.M. 1981. Dasar Teknologi dan Kimia Kulit. Departemen Teknologi Hasil Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Kanagy, J.R. 1977. Physical and Perfomance Properties of Leather. Publisher Corporation. New York.

Mustakim, Purwadi, dan I. Suryo. 1998. Studi Tentang Pemanfaatan Limbah nanas untuk proses bating terhadap kualitas kulit kaki ayam samak krom sebagai bahan baku kulit seni. J. Penelitian Ilmu-ilmu Teknik (Enginering). Universitas Brawijaya. Malang. 10(1):67-76.

Purnomo, E. 1992. Penyamakan Kulit Kaki Ayam. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Winarno, F.G. 1984. Kimia Pangan dan Gizi. Pt. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

8 thoughts on “Keripik Kulit Cakar Ayam

  1. Gimana caranya ngelupas kulit cakar ayam dgn mudah dan tidak hancur,trus gmn biar warna kripik cakar tetap putih

  2. Kalau kita ingin tau kandungan yang terdapat didalam cakar ayam selain dari yang dijelaskan pada awal tulisan ini yaitu Kolagen yang mengandung asam amino prolin dan hidroksiprolin yang merupakan unsur yang sangat penting bagi pertumbuhan makhluk muda yang sedang tumbuh dan orang-orang tua yang mengalami retak pinggul dan patah tulang agar cepat sembuh dan utuh bila pasien tersebut diberi asam amino prolin dan hidroksiprolin, apakah ada kandungan lainnya ? Kalau memang ada apa saja? Mohon informasi bagi yang mengetahui. Thank’s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s